Musyawarah Tahunan Periode 2023-2024

Semarang, (13/7/2024) Organisasi Forum Kajian Hukum Mahasiswa (Forshei) UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan kegiatan rutinitas tahunannya yakni Musyawarah Tahunan (MUSTA) 2024. Acara ini diselenggarakan di gedung MWC NU Mijen dan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 13-14 Juli 2024. Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini dapat menjadi evaluasi lebih lanjut terhadap program tiap divisi yang harus dipertanggung jawabkan. Kegiatan MUSTA ini dihadiri oleh Keluarga Alumni Forshei, dan Kader Forshei dari angkatan 2023-2021. Pelaksanaan acara MUSTA ini juga dipasrahkan kepada angkatan 2023 yang bertugas sebagai panitia.

Kegiatan acara ini diawali dengan pembukaan yang dibawakan oleh Tami dan Amza kader 23 selaku MC formal pada 16.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Evantia April Hertina. Beranjak ke acara selanjutnya pembukaan yang dibawakan oleh Muhammad Abdillah Ikhtasya Billah selaku ketua panitia dari kader 23, sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Umum Forshei 2023 yakni Fauzi Faidulloh, dan yang terakhir sambutan yang dibawakan oleh mas Imron Chumaidi sebagai perwakilan dari pihak MPF. Acara dilanjutkan dengan Upgrading yang diisi oleh Mas Mamduh Ruslan,S.E. dan dibuka oleh MC non formal Wulan &Najih. Acara Upgrading ini membahas tentang sejarah dan proses hierarki organisasi Forshei dalam merintis kejayaan hingga sekarang ini, acara selanjutnya dilanjutkan dengan tahlil dan pembacaan yasin bersama-sama pada pukul 18.30WIB.

Sampailah di puncak acara Musyawarah Tahunan (MUSTA) berlangsung pada 20.15 hingga 04.45 WIB. Yakni presentari Laporan Pertangggungjawaban (LPJ) oleh masing masing unit yang ada di Forshei dengan memaparkar laporan program kerja yang mereka laksanakan selama 1 tahun pengurusan yang dipegangnya. Pertama dimulai dari Unit Pelatihan yang terbagi atas 3 bagian yakni divisi media dan penerbitan, devisi multimedia, dan divisi usaha dan kreatif yang mempresentasikan laporan progres kepelatihan dan perkembangan media social yang mereka jalankan. Dari hasil pemaparan dari tim pelatihan dan Multimedia KA Forshei dan Kader memberikan masukan untuk lebih diperhatikan lagi mutu konten yang di upload dan lebih aktif agar dapat menaikkan peminat. Kedua dilanjutkan presentasi laporan pertanggungjawaban dari Unit PSDK yang memaparkan apa saja program, target dan prosentase ketercapaian dari program kerja terhadap kader yang disusunnya. Masukan yang diberikan oleh KA Forshei untuk lebih semangat buat berkumpul dengan kader 23 dan dieratkan lagi hubungan diantaranya.

Ketiga presentasi laporan pertanggungjawaban dipaparkan oleh unit kajian yang terbagi menjadi 3 bagian yakni divisi muamalah dan qutubuturast, divisi ekonomi dan akuntansiislam, dan devisi research dan jurnalistik, adapun saran dari KA dan kader untuk lebih diinovasikan lagi agar para kader tidak malas untuk mengikuti kegiatan diskusi, pengurus diharapkan fokus pada divisinya masing masing. Terakhir dari Unit Badan Pengurus Harian (BPH) saran dari KA Forshei untuk penyusunan kegiatan harus lebih tersusun agar tidak terjadi lagi ketidak aturan program kerja yang bertabrakan sebisa mungkin dibuat kalender program kerja.

Acara terakhir MUSTA 2023-2024 yakni pemilihanketua umum baru periode 2024-2025, pada proses pencalonan terdapat 5 kandidat yang dicalonkan dan akan diseleksi dan didiskusikan oleh keluarga alumni (KA) Forshei bersama dengan MPF ketua umum dan wakil ketua umum pada angkatan sebelumnya. Setelah dengan pertimbangan dan rapat yang cukup diputuskan untuk yang menjadi Ketua Umum Forshei 2024-2025 yakni Muhammad Galih Abdurrahman. Sampailah di perhujung acara yakni foto bersama seluruh kader Forshei. Harapannya dengan telaksananya acara MUSTA 2023-2024 ini dapat menjadi evaluasi lebih lanjut untuk setiap pengurus dan lebih semangat untuk menciptakan suasana kekeluargaan di dalam Forshei dan untuk kemajuan kepengurusan yang lebih baik kedepannya.

Author : Arianti Wulan Savitri (Kader 2023)